Klik Aja Deh

Minggu, 12 Desember 2010

Susah Cari Kerja???

Susah cari kerja, mungkin kata-kata ini sering kita ucapkan atau mungkin sebagian orang merasakan hal demikian. Memang tidak bisa dipungkiri, kondisi sekarang semua serba sulit, serba kekurangan, serba mahal, sehingga kita sulit memenuhi kebutuhan karena penghasilan yang tidak sebanding dengan pengeluaran. “saya sudah coba untuk menghemat sana sini tapi tidak cukup juga....” keluhan seperti ini mungkin sering kita ucapkan. 
Kondisi yang serba sulit ini, mendorong semua anggota keluarga untuk mencari penghasilan, tidak hanya suami tetapi isteri pun turun tangan berusaha menambah penghasilan keluarganya. Permasalahan yang sering muncul adalah lahan pekerjaan yang sempit, tidak ada lowongan perkerjaan, banyak pengangguran di negri  ini, jangankan yang berpendidikan rendah yang berpendidikan tinggi juga banyak yang menganggur, dan tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah fakta yang terjadi. Hal ini menyebabkan maraknya masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat, contohnya; kebetulan saya tinggal di Bandung, disetiap sudut kota ini banyak anak-anak jalanan, pengamen jalanan, pengemis, pemulung dan tingkat kriminalitas yang tinggi seperti  curanmor, penipuan, pencurian dsb.
Aduh....kalau bicara masalah ngeri juga ya....tetapi ada sisi negatif pasti ada sisi positif nya juga kan, masalah tidak harus disikapi dengan negatif, kita seharusnya mengurai  masalah ini secara positif. Lowongan kerja tidak ada, benarkah????
Ya...mungkin perusahaan /kantor di luar sana tidak membutuhkan karyawan, tetapi kita punya potensi untuk bekerja dan berpenghasilan kok, jadi  seharusnya kita tidak perlu takut ga kebagian rejeki, karena Allah memberikan kita rejeki dimana aja dan dengan cara apa saja...yang penting kita bisa pilih mau yang halal atau haram. Pasti kita ingin yang halal donk....Insya Allah selalu ada jalannya. Keluhan demi keluhan tidak akan menyelesaikan masalah tapi justru akan menghambat kita untuk berkarya. Dari 4 tahun yang lalu, seorang teman selalu mengeluh....”ada kerjaan ga?”....”aku pengin kerja, tapi kerja apa ya?” dan sampai saat ini ketika bertemu dia masih menanyakan hal yang sama.  Sekarang coba kita renungkan, benarkah kita ingin berpenghasilan? Lalu apa yang bisa kita kembangkan dari dalam diri kita dan sudahkah kita mencobanya. Atau justru sebaliknya nyali kita menjadi ciut, takut nggak dapat gaji tetap, akhirnya menyerah sebelum mencoba.
Memang, kita ingin kerja enak, kantor bagus, tinggal duduk di belakang meja penghasilan mengalir deras, tapi pertanyaannya ada tidak pekerjaan seperti itu. Allah itu Maha Adil, setiap yang kita peroleh tidak lepas dari kerja keras  baik tenaga, ide, fikiran dan modal, semuanya akan berjalan step by step, untuk akhirnya mencapai tujuan yang kita inginkan. 
Jadi kesimpulannya, berpenghasilan tidak harus bekerja di suatu instansi, potensi yang ada dalam diri kita adalah modal terbaik bagi kita untuk menentukan pekerjaan apa yang bisa memberikan penghasilan sesuai target kita. Tidak menyerah, kerja keras, pintar berstrategi dalam usaha dan berdoa merupakan satu paket untuk menaikan status sosial ekonomi kita.
Oleh: Puji Utami; curahan hati untuk ke-3 buah hatiku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar